Elektronic Mail (E-mail)

Elektonic Mail (E-mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan melalui jaringan internet. Pengiriman ini dapat berupa teks, gambar, video maupun berkas file. Komunikasi menggunakan email dilakukan dengan cara mengetikkan pesan yang akan kita kirim pda sofware yang dikususkan untuk ini,

Misalnya Outlook Express, Yahoo Mail, Gmail atau yang lain. Di Indonesia e-mail sudah sering juga disebut dengan Surel atau Surat Elektonik

Cara Kerja Email
Pada dasarnya proses pengiriman email dilakukan melalui komputer yang tersambung internet, sebuah email masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server. Ketika e-mail tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan, e-mail disimpan dalam sebuah mailbox.si pemilik alamat email baru dapat membuka email kalau yang bersangkutan mengecek mailboxnya.

Anatomi Alamat email

Bila anda membaca alamat sebuah e-mail, akan terdiri dari dua bagian yang dipisahkan dengan axon atau tanda @. Misalnya putri_2011@yahoo.com, disebelah kiri @ disebut dengan username (putri_2011) yang menunjukkan identitas si pemilik alamat e-mail. Username bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor atau apapun juga. Username juga menjadi nama bagi mailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server.

Disebelah kanan @ disebut domain name (yahoo.com) yang menunjukkan identitas mail server dimana seseorang user memiliki mailbox-nya.

Variasi Bentuk Komunikasi dengan E-mail.

a. Point to Point
Maksudnya adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan diatnatar mereka yang berkirim e-mail bahwa cara ini dinamakan jalur pribadi.

b. Carbon Copy / Cc
Pengertian carbon disini analog dengan kertas karbon yang digunakan ketika anda mengetikkan surat (dengan mesin tik konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinan dokumen. Maksudnya sebuah e-mail selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita dituliskan kebagian To sedangkan tembusannya dituliskan pada bagian Cc.




Penggunakan Cc pada Yahoo Mail


Penggunaan Cc pada Gmail.com

c. Blind Carbon Copy / Bc
Ini adalah variasi dari Cc. dengan Cc, penerima e-mail yang alamat emailnya dituliskan pada bagian To oleh si pengirim bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat e-mail mana saja e-mail yang diterimanya itu dikirimkan sebagai tembusan, nah tembusan lain juga dapat dikirimkan lagi ke seseorang dengan Bcc.

d. Distribution List
Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara terarah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update perkembangan sesuatu, buletin, jurnal dan sebagainya). Namun tidak mengharapkan respon dari penerima e-mailnya. Untuk itu sebuah alamat email untuk keperluan ini harus dibuat. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah e-mail ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward e-mail tadi ke semua alamat e-mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.

e. Descusion List
Discussion List seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list, namun milis memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi anggota untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail.

Artikel terkait...



0 comments:

Post a Comment